Bangun Pusat Informasi Pendidikan

100_7486Jurnal Bogor, 17 December 2008 oleh donyph
Rubrik: Pendidikan

Bogor-Lembaga pendidikan Prospek Insan Mandiri (PIM) dan PT. Pool dalam waktu dekat akan mendirikan pusat sumber belajar dan informasi pendidikan Kota Bogor yang akan ditempakan di Graha Pool Jalan Merdeka nomor 110 Bogor.

Pendirian pusat informasi pendidikan tersebut dilatar belakangi oleh minimnya sumber informasi di kalangan pelaku pendidikan mencari bahan ajar dan perkembangan dunia pendidikan. “Nantinya, Graha Pool akan menjadi satu-satunya pusat bank data pendidikan yang ada di Kota Bogor. Sebab semua kegiatan dan pusat informasi akan dipusatkan di sana,” kata Drs. Matrisoni, direktur PIM kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Menurut dia, optimalisasi Graha Pool tersebut meliputi konsultasi Psikolog, TOEFL/TOEIC, kursus Bahasa Inggris, perpustakaan berbasis IT, seminar, training atau pelatihan, komunitas Kepsek, komunitas pelajar/alumni, komunitas guru dan brevet A, B, C.

Selain itu, kata Soni, Graha Pool akan dijadikan pusat kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) semua mata pelajaran SD hingga SMA. “Rencananya program itu akan kami launching Januari 2009,” ucapnya.

Dikatakan Soni, pusat informasi pendidikan ini akan mengarah kepada terciptanya Bogor Cyber Education (BCE) yang dapat memberikan kemudahan kepada guru untuk mengetahui informasi terkini. “Insya Allah semua informasi ada di sini. Oleh sebab itulah kami membutuhkan peranserta pelaku pendidikan untuk menyukseskan langkah memajukan dunia pendidikan di Kota dan Kabupaten Bogor,” papar Soni.

Minimnya sumber informasi, tambahnya, tak akan memajukan dunia pendidikan yang setiap saat dapat berubah. Maka dari itu, tegasnya, Graha Pool harus dapat dimaksimalkan semua pelaku pendidikan, mulai dari peserta didik, guru dan masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan.

Menurut dia, kemajuan dunia pendidikan harus diimbangi dengan kemampuan sumberdaya manusianya. Dengan mendirikan pusat informasi pendidikan, tambahnya, pelaku pendidikan akan dengan mudah mengakses, baik melalui internet maupun datang langsung ke Graha Pool.

“Jika program ini berjalan lancar, dua sampai tiga tahun dunia pendidikan di Bogor akan makin berkembang. Sebab, dunia pendidikan tak bisa dilepaskan dari unsur teknologi dan komunikasi,” pungkasnya.

Dony P. Herwanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s