ALL ABOUT TPA

TPAPosting By : Drs. Matrisoni
TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan mata ujian yang sudah cukup lama diujikan di Republik Indonesia. Jenis tes ini sering diujikan terhadap calon mahasiswa S2 (Strata 2) atau S3 (Strata 3), dan bahkan juga tes tersebut diujikan pada Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Di kalangan siswa SMA/MA ujian jenis TPA ini jarang/tidak pernah diujikan baik dalam Ujian Nasional atau SPMB/Snmptn. Akan tetapi mulai tahun 2009 TPA ini dijadikan salah satu mata ujian Snmptn, hal ini kami fahami sebagai mata ujian pengganti  dari IPA Terpadu (IPA) dan IPS Terpadu (IPS). Tapi khusus jalur IPS untuk tahun 2009 ini mendapat (hadiah :)) tambahan 2 (dua) mata ujian baru yaitu TPA ini dan juga sosiologi.Mata Ujian TPA atau Tes Potensi Akademik ini merupakan suatu standar tes secara umum untuk membandingkan satu individu dengan individu lain secara lebih objektif. Seorang yang memiliki potensi cukup tinggi, jika ia diberikan tes dalam bahasa asing yang tidak ia kenal, maka ia mustahil dapat mengerjakannya.

Umumnya Tes Potensi Akademik terdiri beberapa subtes :
1. Subtes verbal merupakan sub judul dari tes verbal yakni sinonim, antonim (lawan kata), analogis, dan tes membaca makalah.
2. Subtes kedua adalah subtes kuantitatif atau tes number. Subtes ini terdiri dari tes seri angka, seri huruf, pemecahan masalah, aritmetik sederhana, aljabar sederhana, dan trigonometri sederhana.
3. Subtes ketiga adalah tes Logika/Analitika. Subtes ini terdiri dari tes logika verbal, logika sederhana, dan tes logika number.

TPA baik yang di-Snmptn atau di-Usm ITBkan atau Seleksi masuk PTN lainnya bukanlah sesuatu yang mistik atau ia bukanlah sesuatu yang sakral yang orang lain tidak boleh mengetahui bentuk dan contoh dari soal tes tersebut.
Menurut kami dalam perolehan hasil tes ini peserta tes yang mempunyai intelegensi yang tinggi mereka akan berhasil sukses secara optimal bila dia telah berlatih dengan baik. Dalam dunia sport sebagai contoh Jawara F1 Kimi Raikkonen ia tidak akan berhasil menjuarai berbagai sirkuit bila ia tidak berlatih dengan baik dibeberapa sirkuit latihan seperti Jerez, ia tanpa latihan tak mungkin bisa menjawarai Jet Darat di tahun 2007.

Copyright by snmptn.or.id

Info Lain Seputar TPA :

* Fungsi Tes Potensi Akademik (TPA)

* Download Soal Tes Potensi Akademik Snmptn 2009

* Tips Tes Potensi Akademik

* Test Potensi Akademik (TPA-Snmptn)

* Soal Snmptn 2009 Ditambah TPA (Tes Potensi Akademik)

* Tips dan Trik Tes Potensi Akademik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s