Tes Bakat Skolastik ( TBS )

spmbOleh :

Drs. Matrisoni

Tes seleksi masuk ke perguruan tinggi sampai saat ini sering menghadapi kritik. Salah satu kritik yang sering muncul adalah keterkaitan materi tes dengan kurikulum sekolah. Keterkaikan ini menimbulkan masalah ketidakadilan (unfairness), karena calon mahasiswa yang memiliki potensi untuk belajar di perguruaan tinggi tetapi berasal dari sekolah atau daerah yang fasilitas belajarnya kurang, memiliki peluang yang lebih kecil untuk diterima dibandingkan calon mahasiswa yang berasal dari sekolah yang lebih baik.

Menggunakan tes yang mengukur potensi akademik seseorang sebagai alat seleksi merupakan usaha agar calon mahasiswa baru terseleksi lebih adil dan akurat. Di USA seleksi masuk perguruan tinggi juga menggunakan tes yang mengukur potensi akademik yang dikenal dengan nama Scholastic Aptitude Test (SAT). Tes ini mengukur potensi seseorang untuk belajar di perguruan tinggi tetapi tidak terkait dengan pencapaian kurikulum dan fasilitas sekolah.

Tes Bakat Skolastik dikembangkan berdasarkan teori tes inteligensi. Tujuan tes ini adalah mengukur potensi atau bakat skolastik (scholastic aptitude) untuk belajar di perguruan tinggi. Tes Bakat Skolastik terdiri atas tiga subtes, yaitu :

  • Verbal: mengukur kemampuan penalaran verbal, dan memahami gagasan suatu   wacana.
  • Kuantitatif: mengukur kemampuan mengorganisasi informasi untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan angka.
  • Penalaran: mengukur kemampuan untuk mengevaluasi dan menyusun kesimpulan.

Tes Bakat Skolastik dikembangkan dengan melibatkan tenaga-tenaga ahli dari beberapa perguruan tinggi terkemuka seperti UI, UGM, dan UNPAD. Uji kualitas soal tes ini menggunakan pendekatan teori tes modern yaitu Item Response Theory (IRT). Soal yang telah diuji kemudian dikelola dalam bentuk bank soal yang terkalibrasi. Dengan teori tes modern dapat dipastikan bahwa orang yang memiliki potensi yang sama tetapi mengerjakan perangkat soal yang berbeda akan memperoleh skor yang sama.

Waktu untuk mengadministrasikan tes ini sekitar 160 menit, yaitu 10 menit untuk penjelasan ,20 menit untuk pengisian lembar jawab computer, dan 130 menit untuk mengerjakan soal. Pemeriksaan tes dilakukan dengan sistem komputerisasi dengan menggunakan OMR Scanner.

Bagi anak-anakku para siswa yang akan melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yang ingin mengetahui dan berlatih model soal  Tes Bakat Skolastik ( TBS ) silahkan download paket soal TBS berikut ini :

1. Paket Latihan TBS-1

2. Paket Latihan TBS-2

3. Paket Latihan TBS-3

4. Paket Latihan TBS-4

5. Paket Latihan TBS-5

6. Paket Latihan TBS-6

Semoga bermanfaat dan sukses buat anda semua..

17 thoughts on “Tes Bakat Skolastik ( TBS )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s