All About Wi-Fi Hotspot

Wi-Fi hotspot adalah tempat layanan access point yang dapat memudahkan user untuk menggunakan Wi-Fi untuk koneksi Internet. Wi-Fi hotspot dapat menjadi tempat tujuan di mana Wi-Fi terkoneksi di dalamnya. Wi-Fi menjadi sangat populer baik untuk para pebisnis, di rumah, pelajar, remaja dan sebagainya. Oleh karenanya, semua alat elektronik, seperti laptop, notebook, PDA telah membangun fasilitas Wi-Fi di dalamnya khusus untuk akses Internet. Wi-Fi telah dipertimbangkan sebagai alternative di LAN (Local Area Network).
Wi-Fi hotspot biasanya juga terdapat di tempat-tempat umum, seperti hotel berbintang, café, airport, stasiun kereta api, dan lain sebagainya. Kebanyakan Wi-Fi hotspot tersedia gratis bagin para pengguna yang berada di dekat titik hotspot. Satu titik hotspot merupakan suatu tempat di mana terdapat satu atau lebih access point yang dapat terkoneksi dengan Internet sebagai langkah kemudahan untuk para pengguna.

Didaerah Bogor sendiri sudah banyak ditemukan tempat-tempat yang menyediakan fasilitas internet dengan menggunakan teknologi wi-fi. Adapun tempat-tempat tersebut seperti hampir seluruh Mall , Botani Squer, BTM, Jambu 2, Mc.Donal, disejumlah Sekolah termasuk SMA Dwiwarna Boarding School, dan beberapa café serta hotel-hotel, yang menyediakan fasilitas wi-fi. Dikampus-kampus juga sudah menyediakan fasilitas wi-fi untuk civitas kampus, Apalagi dalam waktu dekat Telkom sedang merencanakan penyediaan fasilitas Hotspot di seluruh Kebun Raya Bogor, dan tempat-tempat fasilitas umum.

Jika user ingin menggunakan computer laptop atau notebook dalam hotspot Wi-Fi, maka user dapat meminta wireless LAN card, sebagai pengganti broadband router. Sebuah broadband router akan dibutuhkan jika user ingin menggunakan laptop di rumahnya untuk koneksi wireless. Hal lain yang penting dalam penggunaan Wi-Fi hotspot yakni user bisa mendapatkan account dari penyedia layanan Wi-Fi dengan tujuan untuk mendapatkan akses Wi-Fi. Wireless broadband router atau wireless LAN dapat dibeli di banyak toko online di Internet atau offline. Banyak provider yang menawarkan produk Wi-Fi seperti “wireless minutes”, “wireless kits” dan LAN card.

Ketika user bekerja pada public domain, user harus memperhatikan keamanan Wi-Fi hotspot. Wi-Fi hotspot selain gratis, juga dapat dinikmati oleh setiap orang yang sudah terkoneksi. Keamanan Wi-Fi hotspot menjadi pertimbangan yang penting terutama ketika berada dalam public hotspot, yang dapat mengarah kepada pencurian baik online atau offline. User yang bekerja menggunakan laptop di public hotspot, harus waspada dengan adanya pencurian laptopnya. Selain itu, user juga dapat melakukan aturan yang simple seperti enkripsi file yang digunakan untuk email dan transfer data. User harus memastikan telah terkoneksi dengan access point yang otentik dan mematikan file sharing selama transfer data atau kirim email.