SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Dwiwarna webPENGERTIAN SBI

SBI adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didik berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia berkualitas Internasional dan lulusannya berdaya saing Internasional.

Karakteristik SBI

1. Menerapkan KTSP yang dikembangkan dari standart isi, standart kompetensi kelulusan dan kompetensi dasar yang diperkaya dengan muatan Internasional.

2. Menerapkan proses pembelajaran dalam Bahasa Inggris, minimal untuk mata pelajaran MIPA dan Bahasa Inggris.

3. Mengadopsi buku teks yang dipakai SBI (negara maju).

4. Menerapkan standar kelulusan yang lebih tinggi dari standar kompetensi lulusan (SKL) yang ada di dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP).

5. Pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standart kompetensi yang ditentukan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP).

6. Sarana/prasarana memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).

7. Penilaian memenuhi standar nasional dan Internasional.

Visi dan Misi SBI

Visi SBI dirancang agar memenuhi tiga indikator,yaitu:

1. Mencirikan wawasan kebangsaan,

2. Memberdayakan seluruh potensi kecerdasan (multiple inteligencies)

3. Meningkatkan daya saing global

Misi SBI merupakan jabaran visi SBI yang dirancang untuk dijadikan referensi dalam menyusun/mengembangkan rencana program kegiatan, indikator untuk menuju misi ini terangkum pada akronim SMART:

1. Specific

2. Measurable (terukur)

3. Achievable (dapat dicapai)

4. Realistis

5. Time Bound (jelas jangkauan waktunya)

Suatu sekolah bisa dikatakan berbasis internasional jika memenuhi 9 indikator kunci yaitu :

1. Sekolah ber-akreditasi A,

2. Kurikulum,

3. Proses pembelajaran,

4. Penilaian,

5. Pendidikan,

6. Tenaga kependidikan,

7. Sarana dan prasarana,

8. Pengelolaan,

9. dan Pembiayaan.

Menurut (Mendiknas) Bambang Sudibyo, suatu sekolah akan dirintis menjadi sekolah internasional harus terakreditasi A secara nasional dan memiliki indikator tambahan dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) yaitu organisasi negara-negara yang memiliki keunggulan di bidang pendidikan.

Sekolah juga menerapkan standar kurikulum dengan tingkat satuan pendidikan (KTSP) dengan sistem kredit semester (SKS), sistem akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sistem kompentensi, dan muatan mata pelajaran setara atau lebih tinggi dari mata pelajaran yang sama pada sekolah unggul negara OECD. Selain memenuhi kurikulum Diknas, sekolah juga memenuhi kurikulum lokal dan Depag.

Kelas internasional pada Sekolah berbasis internasional ini, mengacu pada kurikulum Cambride University of London Inggris atau IGCSE, sehingga bahasa pengantar pada kelas internasional ini adalah bahasa Inggris. Karena itu tidaklah heran, guru-guru yang mengajar di kelas internasional ini selain harus menguasai mata pelajaran yang diajarkan, juga harus menguasai bahasa Inggris.

Ibaratnya, guru memenuhi standar pendidikan internasional, yaitu minimal 30 persen guru berpendidikan S2 atau S3 dari perguruan tinggi (PT) yang program studinya berakreditasi A, sedangkan tenaga kependidikan seperti kepala sekolah minimal berpendidikan S2 dari PT yang program studinya berakreditasi A.

Berbeda dengan kelas regular, kelas internasional selain ruangannya dilengkapi dengan pendingin udara dan alat-alat untuk presentasi, internet, multimedia. Tes penerimaan siswa baru pada kelas internasional juga berbeda, yaitu meliputi tes akademik dan non-akademik.

Selain itu, SBI dari standar pengelolaan, telah meraih sertifikat ISO 9001:2000 tentang tata kelola dan ISO 14.000 tentang lingkungan. Diharapkan pula sekolah RSBI menjalin hubungan sister school dengan sekolah bertaraf internasional di luar negeri.

Salah satu sekolah yang sudah mempersiapkan diri untuk menjadi Sekolah Bertaraf Internasional adalah SMA Dwiwarna Boarding School . Sekolah ini sejak satu tahun 2008 sudah menerapkan Standard Internasional, dan SMA Dwiwarna Boarding School juga sudah memiliki sister school dengan Morioka Chuo High School Japan, serta banyak prestasi Internasional yang sudah diraih.

Untuk tahun pelajaran 2009/2010 SMA Dwiwarna sudah memberlakukan semua Program SBI dan RSBI, dan semua sistem yang mendukung dan disyaratkan untuk program tersebut sudah dipersiapkan. Mulai dari kurikulum, sarana prasarana, pembelajaran berbasis multimedia dengan dukungan ICT, penerapan Dwiwarna Cyber Education, kesiapan SDM baik guru maupun seluruh staff. Setiap guru di SMA Dwiwarna sudah memiliki web blog pembelajaran (Alamat lengkap web blog guru SMA Dwiwarna)

ict-2ict-3ict-4ict-5

LOKAKARYA GURU-GURU DAN STAFF SMA DWIWARNA DALAM RANGKA MEMPERSIAPKAN TAHUN PELAJARAN 2009-2010 DAN PEMANTAPAN PROGRAM SBI/RSBI SERTA DWIWARNA CYBER EDUCATION

FASILITAS DAN GAMBARAN LENGKAP SMA DWIWARNA BOARDING SCHOOL

1. Sarana Gedung dan Fasilitas

2. Suasana Belajar

3. Kegiatan Olah Raga

4. Kegiatan Keagamaan

5. Suasana Asrama

6. Suasana Wisuda

7. Hiburan

8. Prestasi

9. Penerimaan Siswa Baru ( POSBA)

3 thoughts on “SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s