Semua Anak Berpotensi Jenius

logo dw oke web-1Kita Semua Genius
Dalam banyak teori terutama psiko-biologi, kita manusia lahir didunia sebagai sosok makhluk yang genius. Dan hampir semua orang juga tahu bahwa kegeniusan kita ini di kendalikan oleh salah satu bagian tubuh kita berupa otak yang bekerja super unik yang dapat mengalahkan kemampuan komputer secanggih apapun di dunia. Kemampuan ini adalah milik anda, dan haruslah disadari sebagai potensi yang perlu dikembangkan supaya kemampuannya menjadi optimal. Tuhan maha adil, telah memberikan karunia berupa kemampuan yang luar biasa pada diri setiap manusia (a gift of God). Dan hendaknya kita mensyukuri nikmat itu dengan memberikan apa yang terbaik bagi perkembangan potensi kegeniusan tersebut.
Luar biasa….
Anda memiliki sekitar 100 miliar sel otak sejak lahir. Setiap sel otak tersebut bekerja seperti gurita kecil yang begitu kompleks dengan sebuah pusat yang mengendalikan aktifitas melalui banyak koneksi untuk saling bertukar informasi seperti layaknya sebuah jaringan internet yang mempesona. Dari mulai awal kehidupan, sel-sel otak membentuk koneksi belajar dengan laju super cepat mengalahkan kecepatan pesawat Concord kebanggaan Eropa, yakni 3 miliar per detik. Dan koneksi tersebut hakekatnya adalah kunci dari kekuatan otak anda.
Tetapi,
Sedikit kita tahu bahwa sebenarnya kegeniusan manusia bersifat khas dan berbeda antara satu dengan yang lain. Menurut Gardner, seorang pakar psikologi dari Universitas Harvard, bahwa setiap orang memiliki beberapa tipe kegeniusan, tetapi hampir dipastikan bahwa setiap manusia memiliki dua macam kecerdasan yakni: kecerdasan linguistik; kemampuan dalam hal membaca, menulis, dan komunikasi dengan kata-kata, sedang yang kedua kecerdasan logika dan matematika; kemampuan untuk menalar dan menghitung. Sehingga kewajiban kita mengidentifikasi tipe yang manakah diri kita yang nantinya akan memudahkan pengembangan potensi yang kita punyai. Sehingga muaranya adalah kesuksesan pada diri kita.
Adalah sebuah fakta bahwa kita mempunyai banyak gaya belajar dalam menyerap materi pelajaran, dan setiap siswa bersifat unik dalam hal ini. Sebagian kita lebih mudah belajar secara visual; melihat gambar dan diagram, sebagian yang lain secara auditorial; suka mendengarkan. Sebagian lagi bertipe haptic: menggunakan indera perasa (tactile) atau menggerakkan tubuh (kinestetik), tetapi tidak sedikit dari kita lebih mudah belajar dengan menggunakan teks tercetak melalui buku. Tetapi hanya satu hal yang membantu dalam menerima materi pelajaran sebanyak-banyaknya yaitu belajar dalam suasana menyenangkan. Learning is most effective when it’s fun.
Olehkarenanya, Anggapan yang salah jika kecerdasan intelectual (IQ) selama ini di percaya memberi konstribusi terbesar terhadap keberhasilan seseorang. Karena menurut sang creator kecerdasan (Goleman), IQ bukan satu-satunya kecerdasan yang menjamin suksesnya seseorang. Ada kecerdasan lain yang tidak kalah pentingnya yaitu kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Harmonisasi ketiga kecerdasan inilah sebenarnya kunci dari suksesnya seseorang dalam dunia apapun juga. Sehingga optimasi harmoni ketiga kecerdasan menjadi sangat penting artinya. Tidak ada orang bodoh dalam konsep ini, dan tidak ada masyarakat level dua. Semua sama yakni kita orang genius. Orang kota, orang desa, orang IPA, orang IPS hanyalah sekat yang diciptakan manusia. Dan dalam banyak fakta kita sebenarnya mempunyai potensi sama. Tetapi kenapa kita merasa berbeda?

3 thoughts on “Semua Anak Berpotensi Jenius

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s