Karakteristik Guru

foto soni-2TIPE-TIPE  GURU

Oleh : Drs. Matrisoni

Menjadi guru merupakan suatu profesi yang sangat mulia, suatu profesi yang seharusnya didasari oleh panggilan jiwa, bukan semata-mata karena kepintaran dan keterpaksaan karena tidak ada lagi profesi yang lain. Menjadi guru mengemban tugas sebagai pengajar sekaligus sebagai pendidik. Setiap orang akan bisa dan mampu menjadi pengajar dengan latar belakang pendidikan apapun, akan tetapi tidak semua orang bisa untuk menjadi pendidik, sekalipun lulusan institusi pendidikan yang sudah memiliki akta IV, itu bukanlah jaminan untuk dapat menjadi guru yang profesional.

Berikut ini akan saya gambarkan tipe-tipe guru berdasarkan pengalaman dilapangan dan dihubungan dengan hadist nabi mengenai tipe manusia di dalam kehidupan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan memberikan kesadaran kepada kita sebagai introspeksi diri.

GURU WAJIB

  • Guru yang keberadaannya sangat dibutuhkan dan ketidak hadirannya membuat orang lain kehilangan.
  • Karakteristik

Bekerja dengan tulus, administrasi lengkap, kemampuan mengajarnya bagus, selain mengajar,  juga aktif dalam berbagai kegiatan,memandang bekerja itu sebagai belajar, tidak pernah berhenti untuk belajar serta dekat dengan murid-murid.

GURU SUNNAH

  • Guru yang keberadaannya dibutuhkan  tetapi ketidakhadirannya tidak membuat orang lain kehilangan
  • Karakteristik

Bekerja pamrih, kemampuan bagus, memandang bekerja untuk Mendapatkan sesuatu, cenderung dekat dengan murid karena ada tujuan tertentu.

GURU  MUBAH

  • Guru yang kehadiran dan ketidakhadirannya sama saja,  tidak berpengaruh
  • Karakteristik

Bekerja asal menggugurkan kewajiban, tidak mempunyai keinginan meningkatkan kemampuan dan karier, Administrasi  Asal Ada (dapat fotocopy) selesai mengajar pilih pulang, cenderung jaga jarak dengan murid.

GURU  MAKRUH

  • Guru yang kehadirannya tidak diharapkan (bermasalah) sedangkan ketidak hadirannya membuat orang lain merasa tenang bekerja
  • Karakteristik

Selalu usil terhadap pekerjaan orang lain, Senang mengkritik orang lain/atasan tetapi bila disuruh bekerja tidak mampu, pekerjaannya tidak baik, selalu menyalahkan orang lain, selalu merasa diri benar.

GURU  HARAM

  • Guru yang kehadiaran dan ketidakhadiarannya bermasalah
  • Karakteristik

Cenderung Berperilaku tidak baik, selalu bikin masalah dengan semua orang,  jika dia tidak hadir banyak orang bersyukur, kalau dia ada di sekolah orang lain menjadi risih, jauh dengan murid dan rekan-rekan guru.

WAHAI  PARA  GURU

MENJADI  GURU  ADALAH  TUGAS  YANG PALING  MULIA, SEHINGGA UNTUK JADI GURU HARUS BENAR-BENAR KARENA PANGGILAN  JIWA, JADI TIDAK HANYA SEKEDAR PINTAR DAN JAGO MENGAJAR.

Dengarkan suara hati kita dan renungkan di posisi manakah kita

Mari Refleksi diri Ikuti suara hati Menuju criteria

GURU  WAJIB

Sanggupkah  Kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s